Prayer Room di Takashimaya Shinjuku

Ruangan untuk beribadah di tengah pusat perbelanjaan

Jepang, khususnya Tokyo yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 mendatang, akhir-akhir ini sedang sangat giat mempromosikan pelayanan Muslim-friendly demi menarik lebih banyak wisatawan dari negara-negara yang penduduknya mayoritas Islam. Berbagai upaya yang dilakukan bisa dilihat dari mulai banyaknya bermunculan restoran halal, berbagai jenis omiyage (oleh-oleh) yang bersertifikat halal, digelarnya Japan Halal Expo, hingga penyediaan tempat ibadah di beberapa sarana publik yang ditujukan untuk memudahkan para pengunjung yang sedang berwisata di Jepang.

Salah satu fasilitas tempat ibadah tersebut adalah prayer room yang berlokasi di pusat perbelanjaan Takashimaya di Shinjuku. Prayer room ini mulai tersedia sekitar bulan Oktober tahun 2014 dan diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menggunakannya. Shinjuku sendiri merupakan salah satu kawasan penting di pusat kota Tokyo yang menjadi tujuan utama para wisatawan, dengan gedung-gedung pencakar langit, pusat perbelanjaan, serta taman nasional Shinjuku Gyoen yang sangat luas dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Stasiun Shinjuku juga merupakan salah satu titik penting dalam sistem transportasi di Tokyo dan dilewati lebih dari 10 jalur kereta. Jadi, dengan adanya fasilitas tempat ibadah ini, wisatawan muslim pun bisa dengan tenang berkeliling atau berbelanja tanpa harus khawatir mencari tempat untuk menunaikan kewajiban shalat.

Perlu diperhatikan bahwa prayer room ini hanya menyediakan satu ruangan saja dengan sebuah sekat sebagai pemisah antara shaf laki-laki dan perempuan. Di dalam ruangan ini juga tersedia tempat khusus untuk mengambil wudhu. Saat saya mampir ke sana akhir tahun 2014 lalu, tidak disediakan mukena seperti yang disiapkan lengkap di prayer room Bandara KIX Osaka. Jadi mungkin ada baiknya jika pengunjung membawa sendiri mukena masing-masing saat ke sini. Untuk masuk ke ruangan ini Anda harus terlebih dahulu menekan tombol interkom di samping pintu masuknya dan menyampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin menggunakan fasilitas ini kemudian pintu akan dibukakan secara otomatis.

Fasilitas prayer room ini berada di lantai 11 gedung Takashimaya, tak jauh dari lift seperti yang ditunjukkan di peta lantai 11 di situs mereka. Cukup cari penunjuk arah dengan tulisan 祈祷室 (baca: kitoushitsu), yang artinya prayer room. Akses terdekat dari stasiun JR Shinjuku adalah 新南口 atau “New South Exit”.

Jepang benar-benar sudah semakin ramah bagi wisatawan muslim, jadi jangan ragu-ragu lagi untuk merencanakan liburan ke Jepang!

1
1
這篇文章對你有幫助嗎?
幫助我們改善 JapanTravel.com
回饋意見

請留言

Thank you for your support!

Your feedback has been sent.